Belalang Sembah

Belalang Sembah

Trend peliharaan yang tidak lazim mulai menjamur di dunia sekarang ini, mulai dari biawak, laba-laba, lobster, kepiting, sampai berbagai jenis serangga. termasuk belalang sembah. sekarang ini, sudah diketahui lebih dari 2500 jenis belalang sembah.

ukuran
bervariasi, mulai dari 2 Cm, sampai lebih dari 8 Cm. yang sering kita temui biasanya berukuran sekitar 4cm.

Umur
belalang sembah dapat hidup selama kurang lebih 6 bulan. maksimumnya adalah 1 tahun.

terrarium
belalang sembah hanya boleh ada 1 ekor dalam 1 terrarium, karena mereka bukan makhluk sosial, melainkan individualis. bila lebih dari 1 ekor disimpan dalam terrarium, ditakutkan terjadi persaingan dan mengakibatkan salah 1 mati. terrarium tidak perlu terlalu besar, bahkan botol berukuran 1 liter pun sebenarnya sudah cukup untuk dijadikan tempat tinggal mereka. ukuran minimumnya adalah 2 kali panjang tubuhnya, dan 3 kali tinggi badannya. untuk tutup dari terrarium, gunakan ram kawat.

substrat
gunakan tanah sedalam 2 Cm sampai 5 Cm. pastikan tanah yang digunakan bukan tanah kering. hal ini akan membantu menjaga kelembaban terrarium. tambahkan tanaman dalam terrarium, tanaman hidup lebih disarankan. tetapi jangan terlalu banyak sampai membuat belalang sembah tidak dapat bergerak.

temperatur
beberapa jenis belalang sembah hidup dalam suhu yang cukup panas, sedangkan yang lainnya hidup di suhu yang lebih sejuk tetapi rata-rata, belalang sembah dapat hidup pada suhu 21 sampai 31 derajat Celcius.

kelembaban
gunakan spray di saat siang, untuk menambah kelembaban dalam terrarium. belalang sembah minum dari tetesan air dari daun, maka semprotkan agak banyak pada dedaunan sebagai sarana minumnya.

makanan
berbagai jenis serangga dapat diberikan. berikan makanan sehari sekali berupa serangga-serangga kecil seperti lalat, anak jangkrik, dsb. kecil disini maksudnya, ukuran serangga sebagai makanannya, harus dapat dijepit oleh capitnya. makanan sebaiknya dalam keadaan hidup, bisa dengan cara diberi menggunakan pinset, atau dilepaskan di dalam terrarium.

ganti kulit
pada suatu saat, belalang sembah akan berganti kulit. ciri-cirinya yaitu hilang nafsu makan, dan tidak mempedulikan mangsanya. 2 hari setelahnya, ia akan berganti kulit. ketika akan berganti kulit, belalang sembah akan menyerang mangsanya, tetapi tidak ditangkap. ini hanyalah upaya dari belalang sembah untuk mengusir mangsanya. bila hal ini terjadi, keluarkanlah serangga yang menjadi makanan belalang sembah. 24 jam setelah ganti kulit, jangan beri makan belalang sembah, dan jangan semprotkan spray secara langsung ke badan belalang sembah.

  1. thanks atas saran nya ………
    dimana saya bisa memdapat informasi lebih lanjut lagi?

  2. @sebuah perjalanan dalam menempuh syurga googling aja😀
    maap banget ya, baru dibales, sibuk kuliah soalnya😛

  3. Tq bos udah mampir di Blog kesayanganku. slm sejahtra.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: