tomcat ?? jerry mouse ??

Apaan tuh tomcat ? kedengeran kaya tokoh kartun musuhnya jerry mouse.

Tapi bukan, tomcat yang lagi rame-ramenya ini adalah nama sejenis serangga. Sebenernya serangga ini lebih dikenal di pedesaan pake nama semut kayap atau semut anai.

Loh trus knapa jadi tomcat ? namanya kurang ngejual ? atau mau ngalahin polteng ?

Julukan tomcat diambil karena bentuk dari serangga ini mirip dengan pesawat tempur Amerika yaitu Tomcat F-14.

Serangga tomcat (Paederus littoralis) yang lebih dikenal sebagai semut kayap ini bukan termasuk jenis semut meski dikasi nama julukan “semut”. Serangga ini adalah sejenis kumbang (Staphylinidae) yang memiliki ordo Coleoptera (sayap berlapis) ngga seperti semut yang berordo Hymenoptera (sayap membran). jadi secara klasifikasi aja udah beda.

Trus ada apa sama serangga ini ? kenapa bisa heboh ? mungkin dia sering ngetweet. #halah

Serangga ini sebenernya ngga gigit dan ngga nyengat, yang membahayakan dari serangga ini adalah ketika serangga ini merasa terancam dia akan mengeluarkan cairan dari tubuhnya yang bersifat toksik. Yang kalo kena kulit bisa bikin iritasi kulit, bengkak & melepuh.

Jadi ? ayamku ? #eh

Ini ada tips dari gue kalo kalian berhadapan dengan tomcat.

  1. kalo ketemu tomcat di jalan cukup sapa dia tapi jangan salaman, karena berpotensi dia bakal ngeluarin cairan toksiknya.
  2. jangan pernah minjem hapenya karena hapenya udah terkontaminasi cairan toksik.
  3. jangan ajak dia main kuda teplok.
  4. jangan add facebooknya karena dia suka nyolek2.

Eeeeh bukan-bukan.

  1. kalo ada tomcat yang hinggap jangan dipukul, dipencet, disentil, dijewer,  atau hal-hal yang buat dia ngerasa terancam, tiup aja biar serangganya pergi.
  2. kalo misalnya udah kena cairannya segera cuci pake air & sabun, jangan digosok karena bisa bikin penyebaran toksinnya.
  3. jangan coba-coba dikasi odol, balsem, minyak kayu putih, minyak tawon, bedak tabur atau obat sakit kepala, karena itu cuma memperparah keadaan.
  4. langkah terakhir sewalah jerry mouse buat bikin tomcat ngejar-ngejar dia.

Sekian.   

  1. 😀 ketawa bacanya..
    wah postingan ini bener-bener bermanfaat, apalagi buat orang-orang yg lagi galau gra” tomcat. semoga pemerintah kita segera membuat jerrymouse buat membasmi tomcat😀

      • bayzal
      • March 24th, 2012

      hhehe. .
      alhamdulillah kalo bermanfaat.

    • who am i?
    • March 24th, 2012

    gua kenal ni binatang dari smp, dulu waktu dismp gua biasa di panggil inul karena ni binatang ekornya lancip, terus kadang muter, kalo di solo ga begitu heboh karena sering ketemu sehari-hari, hahaha

      • bayzal
      • March 24th, 2012

      makasi komennya.
      wow inul. ngebor ya ? hhehe. .

  2. thanks infonya..🙂

      • bayzal
      • April 16th, 2012

      sama2😀
      smoga bermanfaat🙂

  1. April 7th, 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: